Diproyeksikan sebagai Destinasi Wisata Kelas Dunia, Pemerintah siap Bangun Situ Bagendit Garut Besar-besaran

oleh

Garut, faktadanrealita.com-

KABUPATEN Garut sebentar lagi akan memiliki sebuah destinasi objek wisata kelas dunia. Saat ini, pemerintah pusat tengah mempersiapkan untuk melaksanakan pembangunan besar-besaran di kawasan wisata Situ Bagendit.

“Selangkah lagi Situ Bagendit akan menjadi salah satu objek wisata kelas dunia. Kami telah menerima informasi, jika saat ini prosesnya sedang dilaksananakan di pusat,” ujar Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Kamis 18 Juni 2020.

Informasi tersebut, kata Helmi, diterimanya langsung dari Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah  (BPPW) Jawa Barat saat melakukan kunjungan di Objek Wisata Situ Bagendit, Rabu 17 Juni 2020. “Mudah-mudahan prosesnya di pusat bisa berjalan lancar, sehingga pembangunan kawasan Objek Wisata Situ Bagendit bisa secepatnya dilaksanakan,” harapnya.

Menurut Helmi, pembangunan kawasan Objek Wisata Situ Bagendit baru bisa dilaksanakan apabila proses lelang di pusat telah selesai. Proses lelang itu sendiri saat ini sedang dilaksanakan.

Pihaknya telah meninjau ke lapangan langsung terkait kesiapan dari lahan seluas 105 hektare di kawasan Objek Wisata Situ Bagendit. Adapun pengerjaannya, tambah Helmi, akan dilaksanakan pada  tahun jamak ini atau tahun 2021.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, saya mengapresiasi langkah Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat yang akan membangun daerah Garut, khususnya pembangunan kawasan pariwisata Situ Bagendit,” katanya.

Demi suksesnya pembangunan kawasan Situ Bagendit, Helmi meminta masyarakat Garut untuk  ikut berpartisipasi menjaga dan merawatnya, sebab, peran serta masyarakat sangat penting.

Menurut Helmi, pelaksanaan pembangunan kawasan wisata Situ Bagendit ini, tak tanggung-tanggung pemerintah pusat menggandeng empat kementerian sekaligus. Empat kementerian yang dilibatkan, yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

“Keempat kementerian tersebut  telah menjalin sinergitas untuk menjadikan objek wisata Situ Bagendit sebagai wisata kelas dunia. Hal ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Garut,” ucap Helmi.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.