Dila PPP Sebut Musrenbang Kecamatan Leles Selaras dengan Tema dan Visi Kabupaten Garut”

oleh -35 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

PEMERINTAHAN kecamatan Leles, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/02/2021).

Dalam acara yang dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat tersebut, selain kehadiran Forkopimcam Leles, para RW, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat, nampak terlihat pula kehadiran sejumlah anggota DPRD Garut dan perwakilan dari SKPD/ Dinas lainnya.

Terpantau, pada Musrenbang yang dlaksanakan dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2022 untuk kecamatan Leles tersebut, anggota DPRD Garut dari Dapil 2 yang hadir, yakni Dila Nurul Fadilah, SE dari fraksi PPP, dan R. Mochamad Romli, S.IP, M.Si, fraksi PKB tampak serius mengikuti jalannya acara Musrenbang.

Selain itu hadir juga, Kapolsek Leles, Danramil, perwakilan Bappeda Garut, para UPT dari Puskesmas, Pertanian, PUPR, Dishub, Disperindag, Pendamping Desa dan PKH, TKSK, para kepala desa, MUI, BPD, tokoh agama, Karang Taruna Kecamatan, dan KNPI serta undangan lainnya.

Pada pembukaan acara, Camat Leles, Ganda Permana, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait dan tamu undangan yang turut menghadiri Musrenbang kali ini, “meskipun dengan jumlah terbatas, mengingat masih masa pandemi Covid-19,” katanya.

Dikatakannya, Musrenbang kecamatan Leles ini bertujuan untuk menampung berbagai masukan atau aspirasi dari warga Leles guna penyusunan RKPD 2022.

“Kegiatan ini dilaksanakan, guna menampung aspirasi dan masukan-masukan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Garut yang sesuai misi Pemkab Garut yaitu bertakwa maju dan sejahtera,” jelas Ganda.

Ia menuturkan, sebelum pelaksanaan  Musrenbang tingkat Kecamatan ini, terlebih dahulu kita telah menyelesaikan Musrenbang Desa terlebih dahulu. Dan, dari sekian banyak usulan yang masuk, dipilah, mana yang akan menjadi prioritas. “Itulah yang nantinya dibawa pada Musrenbang tingkat Kabupaten,” ucapnya.

Musrenbang sekarang ini mengusung tema penguatan pelayanaan publik, pemerataan pembangunan, dan peningkatan daya saing untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap usulan-usulan dari para Kepala Desa, hasil Musrenbangdes dapat pula selaras dengan tema Kabupaten Garut, agar nantinya dapat terealisasikan di tahun 2022,” tegas Camat.

Sementara anggota DPRD Garut dari Fraksi PPP yang juga anggota komisi 1, Dila Nurul Fadilah, mengatakan apa yang dipaparkan oleh Camat Leles cukup jelas, bahwa usulan harus selaras dengan Tema dan Misi Kabupaten Garut.

“Walaupun kapasitas fiskal kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan kemampuan keuangan daerah masih terbatas karena masih mengandalkan dana transfer dari pemerintah pusat. Dan, hal ini tentu ada penilaian skala prioritas yang benar-benar memihak kepada masyarakat,” tutur Dila.

Namun demikian, Ia menyatakan kesiapannya untuk menyerahkan dan mengawal hasil Musrenbang kecamatan Leles ini pada Musrenbang tingkat kabupaten Garut mendatang.

Berdasarkan Permendagri No 86 Tahun 2017, lanjut Dila, DPRD juga tentunya akan menyelaraskan terkait usulan mana saja yang masuk RKPD. Saya sebagai wakil rakyat dari Dapil 2 khususnya di Kecamatan Leles, akan berjuang dan mengawal usulan dari masyarakat Leles apalagi saya putra daerah wajib memperjuangkan,’ pungkas Dila.

Reporter : Wa’Oded | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.