Dandim 0611 Garut Membuka Secara Resmi Kegiatan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme

oleh -5 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

DALAM rangka mencegah munculnya paham radikalisme dan separatisme, KODIM 0611/Garut menggelar Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Cegah Tangkal Radikalisme/ Separatisme Triwulan III Tahun 2020, dengan tema ”Merawat Kebhinnekaan untuk Tangkal Radikalisme/Separatisme dalam Bingkai NKRI”. Acara ini Berlangsung di Aula Makodim 0611/Garut, Selasa (01/09/2020).

Dandim 0611/ Garut Letnan Kolonel Czi Dr, Deni Iskandar, S.T.,M.,M.Han.,M.D.M., CAN., secara resmi membuka langsung pelaksanaan kegiatan Komsos triwulan III tersebut. Hadir mengikuti kegiatan ini para Danramil Jajaran Kodim 0611/Garut, para Kapolsek, Forkompicam dan dari kalangan mahasiswa.

Dalam sambutannya Dandim 0611/Garut menyampaikan, Perkembangan situasi nasional, global dan internasional telah membawa dampak meningkatnya paham radikalisme di indonesia yang memiliki latar belakang suku, agama, ras serta budaya yang berbeda. Selain itu dengan pesatnya perkembangan teknologi digital sekarang ini, paham radikalisme sangat memungkinkan tumbuh dan berkembang  bahkan sampai menjadi tindakan/ aksi terorisme secara nyata di wilayah indonesia.

”Radikal yang berkembang saat ini berupa radikal kanan (Raka), radikal kiri (Raki) dan radikal lainnya (Rala) yang di implementasikan dalam dalam bentuk radikal gagasan, radikal separatis, radikal milisi, radikal premanisme, serta radikal teroris, hal tersebut diantisipasi oleh seluruh intansi terkait terutama Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dijajaran TNI AD,” ungkap Dandim.

Komunikasi sosial (Komsos) dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing. Lebih jauhnya diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam rangka ikut mengantisipasi dan mencegah terhadap munculnya paham radikalisme/ separatisme dalam perkembangan sosial yang pesat, sehingga bisa sedini mungkin menghindari munculnya berbagai permasalahan yang akan terjadi dilapangan.

Dengan Tema “Merawat Kebhinnekaan Untuk Tangkal Radikalisme/Separatisme Dalam Bingkai NKRI” Kegiatan ini memiliki tujuan yaitu mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selanjutnya Dandim juga menyampaikan, Dalam kegiatan ini ada beberapa materi yang akan disampaikan, yaitu Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Pembinaan Wawasan Keagamaan dan Kewirausahaan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan terwujudnya kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya Radikalisme/Saparatisme bagi segenap komponen bangsa yang berada diwilayah jajaran Kotamawil TNI AD,” ungkapnya

Dandim juga berharap, dapat terbentuk komponen bangsa yang memiliki kepribadian dan jiwa kebinekaan guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI dan terwujudnya kerjasama antara TNI AD dengan segenap bangsa dalam rangka memepertahankan idiologi Pancasila melalui peningkatan pemahaman wawasan kebangsaan dan keagamaan serta kewirausahan.

“Saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan penuh kesungguhan, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi.” Pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.