Bupati Sampaikan Kabar Gembira, Stasiun Kereta Api Garut akan Dibuka Bulan Juni Tahun Ini

oleh -28 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita 

BUPATI Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP menyampaikan kabar gembira, perihal Stasiun Kereta Api (KA) Garut yang 30 tahun lebih tidak aktif, akan kembali beroperasi di Bulan Juni 2021 mendatang. Bupati Rudy berharap Stasiun KA kebanggaan kabupaten Garut ini bisa diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Garut, saat melakukan telewicara dengan salah satu radio swasta yang ada di Kabupaten Garut, Senin, (26/4/2021). Guna memastikan hal itu, per hari ini bupati akan bertolak ke Jakarta melakukan komunikasi dengan PT. KAI (Kereta Api Indonesia) dan Kementerin Perhubungan RI.

“Jadi hari ini kami akan ketemu dengan Dirut PT KAI, dan besok saya ketemu dengan Dirjen (Direktorat Jenderal) Perkereta Apian tentang izin ke Garut, Juni ini pasti, Juni ini sudah selesai. Coba lihat ini, keadaan stasiun kereta api kita sangat megah sekali sesuai dengan target. Dan, diharapkan Bapak Presiden bisa meresmikan tempat ini, karena kita sedang membicarakan tentang ada satu gerbong kereta wisata dari Jakarta,” ujar Rudy.

Bupati juga menyampaikan rute yang rencana nantinya akan ada di Stasiun KA Garut, bukan hanya perjalanan Garut-Cibatu saja, akan tetapi akan ada rute lain seperti Jakarta-Garut, Garut-Yogyakarta, dan lain sebagainya.

“Ini saya sampaikan kepada seluruh Masyarakat Garut bahwa jalur ini bukan jalur Garut-Cibatu, bukan !!. Ini adalah jalur dari Jakarta ke Garut, dan dari Garut bisa kemana saja nanti, bisa ke Jogja, bisa ke Surabaya, dan lain sebagainya. Nah, kami ini sedang melakukan negoisasi dengan PT. KAI tentang waktunya, jadi sekarang yang kami dapatkan waktunya adalah dari Garut dulu jam 04.30 WIB pagi hari menuju ke Bandung. Ini untuk menarik mereka-mereka yang bekerja di Bandung,” jelasnya.

Kereta yang nanti akan digunakan pun, ungkap Rudy, bukan hanya kereta biasa, namun kereta cepat. Bahkan, menurut Rudy, perjalanan Garut-Cibatu hanya akan memakan waktu sekitar 20 menit.

“Ini adalah kereta cepat, bukan kereta biasa, dari Garut-Cibatu itu hanya memerlukan waktu 20 menit. Nah, Insya Allah besok (Selasa) kita ketemu dengan Pak Dirjen, untuk memastikan tentang izin operasionalnya,” papar Rudy.

Rudy menuturkan guna menunjang reaktivasi Stasiun KA Garut, pihaknya sudah mulai membersihkan area sekitar Jalan Bank dan Jalan Veteran, terlebih nanti pihaknya akan mengundang orang nomor 1 di Indonesia.

“Hari ini saya ada rapat dengan Direktur PT. KAI di Jakarta, jadi ini sudah mulai dibersihkan, disekitar Jalan Veteran dan juga di Jalan Bank ini sampah sudah tidak ada, ini (nanti) dibuatkan trotoar baguslah, kita akan menghilangkan supaya nanti karena inya Allah kami akan mengundang Bapak Presiden di (bulan) Juni nanti, kalau situasi kondisi memungkinkan,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.