Bupati Garut Lakukan Peletakan Batu Pertama Gedung Bamboo Creative Center Selaawi Garut

oleh

Garut, Fakta dan Realita-

KECAMATAN Selaawi, kabupaten Garut, dengan prospek kerajinan bambu khas rumahan yang dimilikinya saat ini, tidak menutup kemungkinan akan menjadi kecamatan yang termaju dan terkaya di kabupaten Garut.

Kecamatan yang terletak di ujung wilayah Garut Bagian utara ini, letak posisinya berbatasan langsung dengan kabupaten Sumedang ini. Dengan kerajinan bambu khas daerahnya ini, kecamatan Selaawi dalam empat tahun belakangan ini secara berturut-turut meraih Penghargaan, baik dari Pemkab Garut maupun Pemprov Jawa Barat. Dan bahkan pernah memecahkan rekor kerajinan bambu.

Guna menunjang kemajuan kerajinan bambu di kecamatan Selaawi, Pemkab Garut dalam waktu dekat ini akan segera membangun Gedung Bamboo Creative Center. Hai ini terlihat saat dilakukannya peletakan batu pertama pembangunan gedung tersebut oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, yang .dihadiri langsung Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Ir. Harlina Sulistyorini, Msi, pada sabtu (19/09/2020).

Turut hadir dalam acara peletekan batu pertama, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah SIK, MIK, Dandim 0611 Garut Letkol CZI Deni Iskandar, M.Tr (Han)., M.D.M., CAN, Kejari Garut Sugeng Hariadi, SH MH, serta Ketua DPRD Garut Euis Ida Wartiah.

Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH, MH MP, mengatakan pembangunan gedung Bamboo Creative Center merupakan salah satu bentuk keberhasilan seorang pemimpin daerah yakni Camat Selaawi. Yang mana selama empat tahun memimpin banyak prestasi yang di torehkan denga mendapatkan berbagai penghargaan.

“Sumber Daya Alam yang ada di Selaawi, memang potensial dan bisa meningkatkan perekonomian rakyat,” ucapnya.

Dengan adanya gedung Bamboo Creative Center, Kabupaten Garut, menjadi salah satu Kabupaten yang terkaya dengan adanya hasil olahan termasuk kerajinan bambu.

Sementara Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaaan pada Kementerian Desa, Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si menyampaikan, di kecamatan Selaawi terdapat potensi yang sangat besar terutama dalam kerajinan bambu.

“Saya melihat potensi yang ada di Kabupaten Garut ini sangat besar,melihat apa yang disampaikan pak camat dan pak Bupati, saya melihat Selaawi ini bisa berkembang dengan potensi yang ada di Selaawi sendiri. Bahkan Bupatinya juga sangat supportif, sangat mendukung bahkan dengan politik anggaran yang besar untuk membangun suatu kawasan,” ujarnya.

Dikatakannya, Kementerian Desa dalam pembangunan bertugas mengawal kebijakan dan mensuport serta bermitra dengan BUMN. Termasuk menjaring pasar untuk produk-produk yang ada di Selaawi.

Camat Selaawi, Ridwan, mengatakan, bangunan Bamboo Creative Center nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu diminati oleh wisatawan-wisatawan dari luar daerah Kabupaten Garut.

“Semua hasil kerajinan bambu akan di pasarkan di Bamboo Creative Center, termasuk ke luar daerah Garut,” pungkasnya.

Reporter : Wa’Oded | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.