Akibat Diguyur Hujan Terus Menerus, Bangunan Lama Multimedia SMPN 1 Cimaragas Roboh

oleh -18 Dilihat

Ciamis, Fakta dan Realita-

 

HUJAN deras yang turun terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis termasuk Kecamatan Cimaragas, telah menyebabkan bangunan lama gedung Multimedia SMPN 1 Cimaragas seketika roboh. Robohnya bangunan tersebut, terjadi pada hari Kamis, 9 Desember 2021, sekitar pukul 19.15 WIB.

 

Peristiwa itu, diketahui pertama kali oleh Uju Sutarman, salah seorang penjaga sekolah di SMP tersebut. “Saya kebetulan sedang melaksanakan piket malam Jumat, dan saat kejadian, saya langsung mengabarkannya kepada Bapak Kepala SMPN 1 Cimaragas,” ungkap Pak Uju kepada reporter Media Fakta dan Realita.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Cimaragas Asep Surur Mulyadi, S.Pd., M.Pd, usai mendapatkan kabar tersebut, pada malam itu juga langsung berkoordinasi dengan pihak Disdik Kab. Ciamis, hingga selang tak berapa lama, tim Disdik Kab. Ciamis yang dipimpin oleh Kasi Sarana dengan cepat tiba di lokasi dan langsung meninjau tempat kejadian.

 

 

Kasi Sarana Disdik Kab.Ciamis dalam tinjauannya ke SMPN 1 Cimaragas, memberikan arahan untuk secepatnya membuatkan laporan tertulis, serta kronologis dan dokumentasi bangunan yang ambruk agar segera mendapat respons dari pemerintahan terkait.

Dalam pantauan Media Fakta dan Realita, pada keesokan harinya, yakni Jumat 10 Desember 2021, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wabup Ciamis Yana D. Putra beserta rengrengannya langsung bergerak cepat meninjau ke lokasi kejadian ambruknya ruangan lama Multimedia SMPN 1 Cimaragas.

 

Bupati dalam kunjungannya, langsung menanggapi dan memerintahkan pihak terkait untuk segera bertindak cepat, menganggarkan biaya perbaikan bangunan berukuran 12 X 10 meter tersebut.

“Ini harus segera diperbaiki agar tidak mengganggu kegiatan belajar anak-anak,” kata Bupati Herdiat Sunarya, Jum’at.

 

 

Ambruknya bangunan Multimedia SMPN 1 Cimaragas, menurut Herdiat, selain disebabkan oleh cuaca ekstrim (hujan deras) yang melanda wilayah Cimaragas, juga karena faktor lapuk dimakan usia.

“Bangunan tersebut dibuat sejak tahun 2008 dan sudah tidak dipakai (dikosongkan) sejak dari tahun 2019, Karena bapak kepala sekolahnya tak mau mengambil resiko bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Dan untuk itu, saya mengintruksikan kepada tim BPBD, PUPR dan Disdik Kabupaten Ciamis supaya cepat merespon dan menghitung anggaran untuk pembangunan kembali sarana belajar yang ambruk,” pungkas Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, yang datang bersama Wakil Bupati Ciamis, Sekda Kab. Ciamis, Kadisdik Kab. Ciamis, Kadis BPBD, Kadis PUPR, Camat Kec. Cimaragas, Kepala Desa Cimaragas dan FKK Kec. Cimaragas.

 

Reporter : Om DH
Editor      : Om DH / Fans

No More Posts Available.

No more pages to load.